Rabu, 22 Juli 2015

Oleh-Oleh Tegal

1.   Kacang Bogares
Bentuk dari kacang bogares pada umumnya sama seperti kacang tanah pada umumnya yaitu bulat.  Rasa gurih dan asin berasal dari campuran garam yodium yang diberikan. Bumbu yang digunakan hanya menggunakan garam yodium untuk rasa asin sedangkan untuk tambahannya diberi bawang putih untuk kacang yang rasa bawang selain itu, diberi pemanis (sakarin). Warna dari kacangnya berupa coklat kehitaman warna tersebut dikarenakan prosesnya menggukan pasir tidak menggunakan minyak dan masih terdapat kulit ari dari kacang tersebut.









2.   Tahu Aci
Bentuk dari olahan tahu aci dan tahu pletok pada umumnya sama berbentuk seperti segitiga. Namun untuk Tahu Pletok lebih tipis dan terbagi menjadi empat potongan berbentuk segitiga tanpa putus.  Kerupuk tahu berbentuk persegi.  Tahu tersebut memiliki rasa yang gurih serta tekstur yang kenyal dari acinya dan tahunya yang lembut.  Warnanya kuning kecoklatan karena bahan bakunya yang menggunakan tahu kuning.






3.   Torako
Toraka diperkenalkan pada masyarakat setempat melalui acara-acara hajatan maupun pernikahan, hingga pada akhirnya banyak tamu undangan yang menyukai dan menanyakan camilan tersebut. Rasa dari toraka manis yang berasal dari campuran gula pasir, teksturnya yang kasar, lengket dan kenyal. Warna merah kecoklatan karena berasal dari warna tomatnya dan kecoklatan dikarenakan tercampur dengan pengawet alami yaitu gula pasir yang direndam kemudian dilakukan proses penjemuran. Kemasan dibungkus dengan plastik serta kardus, ukuran dari torakan seperti 1 ruas jempol orang dewasa bentuknya menyerupai buah korma.

4.   Pilus Kocai
Bentuknya bulat dan memiliki tekstur yang kasar, pilus kocai berwarna putih tulang karena bahan yang digunakan alami yaitu tepung selain itu memiliki rasa yang gurih dari bumbu yang digunakan. Kemasannya berupa plastik dengan ukuran yang beragam mulai dari 2 Kg, 2,5 Kg, 3 Kg dan 4 Kg. 







5.   Kerupuk TelorAsin
Bentuk dari kerupuk telur asin tidak jauh berbeda dengan kerupuk pada umumnya yaitu oval. Rasanya cukup unik gurih dan aroma telor asinnya masih kental. Warna camilan ini adalah orange yang berasal dari penggunaan bumbu yang memakai kunyit, bahan dalam proses pembuatan camilan tersebut cukup mudah ditemukan.













6.   Kerupuk Glopot
Bentuk dari kerupuk glopot tidak jauh berbeda dengan kerupuk pada umumnya yaitu oval namun ada juga yang tidak berturan. Rasanya cukup unik gurih dan aroma bawang dan rempah-rempah yang kental. Warna camilan ini adalah coklat seperti tanah. bahan dalam proses pembuatan camilan tersebut cukup mudah ditemukan. Camilan ini memiliki keunikan pada proses penggorengan yaitu menggunakan media pasir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar